Pengrajin Talempong di kaki gunung Merapi

Talempong’ adalah sejenis alat musik pukul terbuat dari logam. Di Minangkabau istilah alat musik pukul bukan saja terbuat dari logam, melainkan juga terbuat dari bambu, kayu, dan batu. Berdasarkan hal demikian, maka alat musik pukul yang lain itu dapat dikelompokkan dan disebut dengan  talem­pong batuang atau talem­pong sembilu (bam­bu), ta­lem­pong kayu, dan talempong batu.

Sahar Sutan Kayo, pim­pinan pondok karajo (bengkel) Saiyo, di Sungai Pua menga­takan, bahan untuk pembuatan talempong saat ini umumnya adalah berupa benda-benda logam bekas, yang oleh masya­rakat setempat disebut dengan ‘kuningan’. Bahan ini dilebur­kan, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang disebut dengan “cetak lilin”.

Persoalan logam di Minang­kabau yang ditujukan kepada satu jenis alat musik yang terbuat dan menyerupai perung­gu dengan komposisi campur­an beberapa jenis logam (alloy) (tembaga, timah, kuningan, aluminium, dan besi), dikenal dengan sebutan ‘talempong’. Dalam kebudayaan orang Minangkabu alat musik logam yang ada hanya alat musik yang menyerupai ‘gamelan’. Alat musik ini dibuat di Nagari Sungai Puar, Kecamatan Su­ngai Puar, Kabupaten Agam.

Untitled-2

RIF_0978

Untitled-1

RIF_0982

RIF_1134

RIF_1034

RIF_1086

RIF_1130

RIF_1154

RIF_0961

RIF_1022

RIF_1180

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s